Pencarian

Wednesday, 23 January 2019

AKSI SEJUTA POHON

`Kebanyakan orang banyak yang antusias dengan perayaan tahun baru. Awal tahun seakan sudah sangat identik dengan perayaan tahun barunya, entah itu dengan menyalakan kembang api, pesta barbeque, sekadar berkumpul bersama keluarga, dan lain-lain. Hampir tidak ada orang (khususnya orang perkotaan) yang tidak tahu mengenai tradisi ini. Namun, apakah Anda tahu jika ada tanggal penting juga di awal bulan Januari yang patut diketahui dan diperingati?Top of Form
Bottom of Form
Hari sejuta pohon yang jatuh pada tanggal 10 Januari adalah apa yang dimaksud di sini. Hari peringatan ini sesungguhnya juga sudah mendunia atau dengan kata lain sudah menjadi hari peringatan di seluruh dunia. Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu mengenai hari peringatan ini. Padahal, hari peringatan ini harusnya bahkan lebih penting dari pada perayaan tahun baru. Kenapa? Karena peran pohon bagi dunia ini sangatlah besar.

Pohon memang memiliki peranan yang sangat penting bagi dunia ini, terutama bagi keberlangsungan hidup di bumi. Fungsi pohon yang paling utama adalah sebagai penghasil oksigen, sebuah komponen utama pernapasan manusia. Pohon juga merupakan alat penyerap karbondioksida, dan juga sebagai penyerap dan penampung cadangan air. Tanpa pohon, selain tidak adanya supply untuk bernapas, keseimbangan lingkungan hidup di dunia juga bisa hancur. Bagaimana? Sangat penting bukan, peran pohon ini?

Pentingnya peranan pohon inilah yang menjadi alasan mengapa hari sejuta pohon itu penting untuk diperingati. Hari sejuta pohon bisa dijadikan sebagai momentum atau pengingat betapa pentingnya peran pohon bagi bumi ini dan betapa kita sebagai manusia harus melakukan yang terbaik untuk melestarikan keberadaan pohon di dunia ini. Apalagi di Indonesia sebagai negara tropis.

Peringatan harisejuta pohon dapat dilaksanakan dengan berbagai cara, pada kesempatan kali ini bem poltekkes semarang mengadakan penanaman mangrove sebagai aksi nyata kepedulian bem poltekkes terhadap lingkungan di sekitar poltekkes semarang. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan nilai nilai cinta terhadap lingkungan dapat tumbuh pada diri mahasiswa poltekkes semarang.




            Kegiatan ini dilakukan di Pantai Mangunharjo , Mangkang, Semarang. Acara tersebut meliputi edukasi dari Kelompok Tani Tunas Harapan yaitu oleh Bapak Ferri. Ia memberikan seputar edukasi tentang pohon mangrove. Acara tersebut dimulai dari jam 08.00 – 11.00, setelah itu penyerahan plakat oleh Presiden BEM Poltekkes Semarang. 





Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah lembaga pemerintahan mahasiswa yang merupakan lembaga eksekutif mahasiswa tertinggi di KBM Poltekkes Kemenkes Semarang.

0 komentar:

Post a Comment

Contact

Send Us A Email

Address

ContactInfo

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi di bawah ini

Address:

Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50268

Phone:

(024) 7460274, +62 813-9239-6389

Email:

bemkbmpoltekkessmg@gmail.com