Sunday, 3 February 2019

HARI GIZI KE-59


Minggu, 27 Januari 2019
Hari Gizi Nasional (HGN) diperingati pada tanggal 25 Januari pada setiap tahunnya. Peringatan ini merupakan salah satu cara untuk mensosialisasikan program Perbaikan Gizi Nasional. Adapun tujuan acara ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap gizi terutama untuk ibu hamil dan anak balita. Tema yang diangkat pada Hari Gizi Nasional ke-59 ini adalah “Meningkatkan Kualitas Gizi Masyarakat Bebas Stunting dan Penyakit Tidak Menular Melalui GERMAS”.

Stunting merupakan sebuah kondisi dimana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan dengan tinggi badan teman seusianya. Penyebab utama stunting ialah kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan hingga masa awal anak lahir yang biasanya tampak setelah anak berusia 2 tahun. Selain itu, ASI eksklusif atau MPASI sangat berpengaruh kepada anak yang masih dibawah usia 2 tahun karena makanan tersebut mengandung zat gizi yang berkualitas seperti zat besi dan protein. Stunting dapat dicegah sejak dari masa kehamilan. Zat besi dan asam folat adalah kombinasi nutrisi penting selama kehamilan. Contoh makanan yang kaya akan zat besi diantaranya daging merah, unggas, kacang-kacangan, dan sayuran. Sedangkan asam folat terdapat pada unggas, sayuran hijau, gandum, dll.

Pada open tender yang diselenggarakan Forkompi, Poltekkes Semarang menjadi salah satu pemenangnya. BEM Poltekkes Kemenkes Semarang berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang memperingati Hari Gizi Nasional ke-59 tahun 2019 pada Minggu, 27 Januari 2019. Peringatan diselenggarakan di CFD Simpang Lima diawali dengan kegiatan longmarch atau kirab yang dilakukan bersama mahasiswa prodi gizi dari beberapa universitas di Semarang, diantaranya Poltekkes Kemenkes Semarang, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Ngudi Waluyo, UIN Walisongo Semarang, dan Universitas Kristen Satya Wacana. Dengan semangat Hari Gizi, mereka menyuarakan slogan-slogan dan mars gizi untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya gizi di dunia ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan cek kesehatan dan edukasi gizi oleh DPC Persagi yang bertempat di depan gedung Bapelkes Semarang. Dari mahasiswa gizi Poltekkes Semarang membagikan leaflet kesehatan dan produk "Bakso Jamur" yang merupakan buah karya asli mahasiswa jurusan gizi. Di depan stand cek kesehatan, digelar games edukasi ular tangga gizi seimbang oleh Forgizinesia yang pastinya menarik minat anak-anak untuk berkunjung ke stand tersebut dan mengetahui arti penting gizi.


Selain itu, ada pula aksi cap tangan dengan tema "Cegah Stunting Itu Penting" yang diikuti oleh warga Semarang, baik dewasa maupun anak-anak. Aksi ini dimaksudkan untuk mendukung program pencegahan stunting serta menyadarkan kembali kepada masyarakat umum bahwa mencegah stunting lebih dini itu penting.



Disiplin diri, raih prestasi, sehat semua, mendunia!

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah lembaga pemerintahan mahasiswa yang merupakan lembaga eksekutif mahasiswa tertinggi di KBM Poltekkes Kemenkes Semarang.

0 comments:

Post a Comment

Contact

Send Us A Email

Address

ContactInfo

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi di bawah ini

Address:

Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50268

Phone:

(024) 7460274, +62 813-9239-6389

Email:

bemkbmpoltekkessmg@gmail.com