Pencarian

Monday, 1 April 2019

BINA DESA


Assalam,ualaikum wr. wb
Minggu, 31/03/2019
Di penghujung Maret 2019, tepatnya pada 31 Maret 2019 Badan Eksekutif Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang menyelenggarakan Pembukaan Desa Binaan yang bertempat di RW 04 Kelurahan Jabungan, Banyumanik, Semarang.
Bina Desa merupakan program kerja inovasi BEM 2019 dibawah Dirjen Pengabdian Masyarakat Kementerian Luar Negeri. Program Bina Desa ini merupakan sebuah program yang sepenuhnya dimaksudkan untuk mendukung upaya peningkatan kesehatan di lingkup masyarakat. Problematika kesehatan khususnya di lingkup Kota Semarang sangatlah kompleks. Mulai dari DBD, ISPA, HIV, dan Kematian Ibu dan Anak. Permasalahan tersebut tidak akan rampung apabila kita sebagai mahasiswa kesehatan hanya diam saja. Pencegahan harus dilakukan, pendidikan kesehatan harus digalakkan, pemberdayaan harus dilaksanakan.

Kegiatan Bina Desa tahun 2019 memiliki tema “Warga Sehat, Kualitas Meningkat, Negara Kuat”. Pemberdayaan dimulai dari masyarakatnya. Masyarakat adalah basic life support dari taraf kehidupan, kesehatan, maupun kesejahteraan sebuah negara. Semakin banyak masyarakat yang memahami dan peduli terhadap kesehatan diri dan lingkungannya, tentu akan meningkatkan kualitas kesehatan wilayah tersebut. Jika setiap wilayah meningkat kualitasnya, maka secara otomatis taraf kesehatan sebuah negara akan meningkat, begitu pula dalam bidang yang lain. Fokus Bina Desa BEM 2019 di Jabungan adalah terkait dengan pengelolaan sampah di lingkungan RW 04. Kebiasaan masyarakat yang membuang sampah di pinggiran sungai membuat tanggul sungai ambrol. Upaya BEM Poltekkes Semarang yang pertama adalah dengan mengalokasikan tong sampah di setiap RT. Dengan
Serangkaian kegiatan Bina Desa diantaranya kerja bakti atau kebersihan lingkungan sekaligus relokasi atau pembuatan TPS (Tempat Pembuangan Sampah Sementara) secara sederhana oleh warga RW 04. Dilanjutkan dengan senam sehat bersama di halaman MI al-Khaeriyah Jabungan, dimana mayoritas peserta adalah ibu-ibu dan mereka antusias untuk berolahraga. Bersamaan dengan anak-anak yang mengikuti lomba cat tong sampah sebagai agenda utama program bina desa ini. Kegiatan cat tong sampah tersebut membuat banyak anak-anak berkumpul riang bersama teman-temannya dan merupakan pendekatan dalam upaya pendidikan kesehatan sejak dini. Setelah senam dan lomba, dibagikan susu kedelai beserta ceklist kesehatan lingkungan untuk dilaksanakan selama satu minggu. Sembari minum susu kedelai, para warga mendengarkan penyampaian materi Promotif dan Preventif Degeneratif yang merupakan pelaksanaan program kerja Pemberdayaan Masyarakat Forkompi di bulan Maret ini. Kegiatan diakhiri dengan pengumuman juara lomba cat tong sampah, penyerahan plakat kepada RW 04, dan foto bersama.
Melalui Bina Desa diharapkan kebersihan dan kesehatan lingkungan serta masyarakat Desa Jabungan dapat lebih baik dari sebelumnya. Serta turut meningkatkan wawasan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan diri dan lingkungan.
Terimaksih. 
Wassalamualaikum wr. wb
Poltekkes Kemenkes Semarang 

Disiplin Diri !
Raih Prestasi !
Sehat Semua !
Mendunia !

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah lembaga pemerintahan mahasiswa yang merupakan lembaga eksekutif mahasiswa tertinggi di KBM Poltekkes Kemenkes Semarang.

0 komentar:

Post a Comment

Contact

Send Us A Email

Address

ContactInfo

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi di bawah ini

Address:

Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50268

Phone:

(024) 7460274, +62 813-9239-6389

Email:

bemkbmpoltekkessmg@gmail.com